Yamaha Vs Ducati, Mana Lebih Mantap?

MotoGP 2021 saat ini banyak didominasi oleh para pabrikan Ducati serta Yamaha. Memang, kedua pabrikan itu langganan finish di paling depan di antara seri pertama Moto GP 2021.

Bahkan, klasemen sementara MotoGP 2021 juga didominasi oleh Yamaha serta Ducati. Setelah MotoGP Prancis di Le Mans, pebalap tim pabrikan Yamaha Fabi Quartararo juga merain posisi puncak klasemen sementara Moto GP 2021.

Lalu, ada 3 pembalap Ducati yang mengikuti di bawahnya, yaitu Francesco Bagnaia di posisi kedua, Johann Zarco di tempat ketiga, dan jack Miller pada urutan keempat.

Rekan sau tim Quartararo, yaotu Maverick Vinales menutup lima besar. Lalu, sebenarnya setangguh apa sih kedua motor in? yuk simak di bawah.

Yamaha Vs Ducati, Kamu Tim Yang Mana?

Yamaha Vs Ducati, Kamu Tim Yang Mana?

Kita akan mulai dari sektor dapur pacunya, dimana tunggangan Vinales serta Quartararo ini memiliki kapasitas mesin hingga 1.000 cc berpendingin cairan dengan konfigurasi empat silinder segaris.

Mesin ini pun mengadopsi sistem cross plane crankshaft. Mesin ini lalu dikawinkan dengan transmisi enak percepatan tipa cassette dengan menyediakan rasio gir alternative.

Gabungan mesin serta transmisi itu bisa membuat motor menyemburkan tenaga hingga 240 daya kuda. Sasis dengan tipe alumunium twin tube Deta Box dengan steering geometry yang ada juga bisa disesuaikan sehingga menjadi penopang motor Yamaha Vinales Qurtararo ini semakin nyaman.

Motor ini juga diketahui menggunakan lengan ayun aluminium atau plastic yang diperkuat serat karbon atau Carbon Fiber Reinforced Polymer atau CFRP.

Untuk menunjang stabilitas saat akan menikung, Yamaha membekali motornya dengan sistem suspense upside down dari Ohlins di depan.

Sementara, suspense belakang juga menggunakan shock breaker Ohlins. Yamaha YZR – M1 juga didukung oleh Velg Forged Magnesium berukuran 17 inci di depan serta belakangnya.

Velg ini dibungkus dengan ban Michelin berukuran 17 inci depan belakang. Tersedia pula ban slick atau ban basah.

Yamaha M1 mengandalkan sistem pengereman Brembo dengan dua piringan karbonn di depan berukuran 320 mm atau 340 mm yang dilengkapi masing – masing caliper empat piston.

Sedangkan untuk rem belakangnya hadir dengan piringan stainless steel caliper dua atau empat piston. Yamaha YZR-M1 mempunyai bobot seberat 157 kg dimana hal ini sesuai dengan regulasi FIM yang dimilikinya.

Lalu untuk Ducati esmosedici GP. Motor MotoGP Ducati ini menggendong mesin Desmodromic V4 90 derajat berpendingin cairan DOHC empat katup per silinder. Mesin itu memiliki kapasitas 1.000 cc.

Mesinnya juga hadir dengan sistem pengabutan indirect electronic injection dengan empat throttle body.

Throttle dioperasikan dengan sistem Ride by Wire Ganda. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi Ducati Seamless Transmission, Chain Final Drive ini bisa menyemburkan tenaga hingga 250 horsepower.

Kecepatan maksimalnya bisa melebihi 350 km per jam. rekor barunya tercatat mencapai 362,4 km per jam yang dipecahkan oleh Johann Zarco.

Sedangkan di sektor pengendalian, Ducati Desmosedici GP21 sudah dibekali oleh frame aluminium alloy twin spar.

Pada bagian depannya terdapat suspense terbalik dari Ohlins dengan outer tubes karbon. Lalu pada bagian belakang ada shock absorber dari Ohlins yang bisa disesuaikan preload dan damping.

Ducati Desmosedici juga menggunakan ban Michelin dengan ukuran 17 inci pada bagian depan serta bagian belakangnya.

Lalu soal pengereman, di depan ada rem Brembo yang memiliki piringan karbon 340 mm dan caliper empat piston. Sedangkan di bagian belakangnya ada piringan stainless steel dengan caliper dua piston.

Nah, itulah bagaimana perbandingan dari kedua motor unggulan di Moto GP yang pastinya kalian sering dengan namanya,

Memang, setiap motor pasti memiliki keunggulannya sendiri sehingga mungkin akan sulit bagi kalian untuk memilih motor mana yang sekiranya lebih baik karena keduanya bisa dibilang sangat bersaing ketat.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian, terutama bagi kalian yang mengaku senang menonton tayangan Moto GP atau suka dengan balapan motor. Jika kalian ingin memiliki motor ini juga bisa loh, siapkan saja uangnya!