Tips & Trik Membeli Mobil Bekas Terbaik yang Berkualitas!

Mobil bekas tidak semuanya kondisi sudah tidak baik lagi. Banyak juga mobil bekas berstatus second yang memiliki kualitas mendekati mobil baru.

Mobil bekas bisa menjadi salah satu alternatif bagi kalian yang ingin memiliki sebuah kendaraan pribadi berdana terbatas.

Harga mobil bekas juga dibanderol dengan harga yang cukup bervariasi. Dimana dibanderol dengan harga sebesar puluhan hingga ratusan juta rupiah. Untuk kalian yang ingin membeli mobil bekas, kalian hanya tinggal menyesuaikan dana yang tersedia dengan berbagai harga yang diinginkan.

Hanya saja sebelum membeli, kalian harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Oleh sebab itu diperlukannya kejelian yang ekstra untuk bisa menemukan mobil bekas yang berkualitas.

Kita juga harus melihat kondisi mobil bekas tersebut. Kali ini, kami akan membagikan beberapa tips  cara memilih mobil bekas yang berkualitas, simak lengkapnya berikut di bawah ini.

1. Catatan Servis dan Mencari Showroom Terpercaya

Catatan Servis dan Mencari Showroom Terpercaya

Tips yang pertama ini adalah salah satu kelengkapan penting yang harus kalian perhatikan sebelum membeli mobil bekas.

Hal ini sangat berguna bagi pembeli, karena dengan ini kita dapat mengetahui mobil yang dirawat secara rutin dan memiliki performa serta kondisi yang prima.

Dengan catatan servis ini akan membuat kita mengetahui apa pemilik melakukan perawatan yang baik dan rutin pada mobil yang akan kita beli ini.

Kalian juga bisa melakukan pembelian mobil bekas dengan mendatangi salah satu showroom yang memiliki stok mobil yang cukup melimpah.

Karena dengan banyakanya pasokan atau stok mobil bekas, mampu memberikan beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan keinginan calon pembeli.

Sebagai pembeli kita harus juga banyak bertanya untuk mengetahui mobil ini. Dimana kalian bisa datangi showroom lain untuk dijadikan sebagai alternatif lainnya.

2. Uji Test Drive dan Periksa Aksesoris, Interior, dan Eksterior

Uji Test Drive dan Periksa Aksesoris, Interior, dan Eksterior

Untuk membeli mobil bekas, kalian juga bisa melakukan test drive yang mana kalian bisa mencobanya secara langsung.

Calon pembeli bisa mencoba uji test drive secara langsung untuk mengetahui kondisi mesin mobil saat digunakan dalam berkendara.

Karena dengan test drive ini, akan memudahkan pembeli mengetahui lebih optimal kondisi mobil bekas yang digunakan saat berkendara, baik suspensi maupun fitur lainnya.

Saat melakukan pemeriksaan kondisi mobil, kalian bisa mengecek bagian interior mobil ini. Pada bagain interior, kalian bisa mengecek berbagai komponen didalamnya, seperti AC, audio, dan juga switch lampu.

Dimana kalian juga harus memastikan semua fitur dapat bekerja dengan baik. Kalian jug aharus memastikan fitur keamanan dalam kabin, yaitu sabuk pengaman yang optimal.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba duduki jok depan dan juga belakang yang masih nyaman, memeriksa dashboard, plafon serta karpet mobil ini.

Pastikan kondisi body pada bagian eksterior secara menyeluruh, dimana kalian bisa memastikan komponen seperti pintu, kap mesin, maupun kaca mobil.

Kalian juga bisa memperhatikan kondisi cat mobil dan juga struktur rangka utama dalam mobil ini. Selain itu, kalian juga bisa memastikan rangka maupun chassis mobil dalam keadaan yang prima dan tidak bekas tabrakan maupun perbaikan akibat kecelakaan.

3. Memastikan Kondisi Mesin dan Kelengkapan Dokumen

Memastikan Kondisi Mesin dan Kelengkapan Dokumen

Sebelum membeli mobil bekas, kalian juga wajib memeriksa kondisi bagian mesin. Kalian bisa membuka kap mesin untuk mampu memeriksa kondisi mesin.

Pastikan mobil ini sangat mudah di starter dengan memastikan suara mesin mobil ini tidak mengeluarkan suara yang tidak kasar.

Kalian juga bisa memerhatikan apakah ada sebuah kebocoran pada bagian komponen mesin mobil bekas tersebut.

Karena kualitas mesin mobil akan sangat terasa saat kalian menggunakan berkendara di jalan raya. Selain memeriksa performa mesin, rem, transmisi, serta kaki mobil, untuk menguji kenyamanan berkendara mobil tersebut.

Dan yang terakhir adalah calon pembeli harus memastikan kelengkapan surat kendaraan yang ingin dibeli.

Akan lebih optimal jika kalian melakukan pengecekan keabsahan surat melalui berbagai aplikasi online yang bisa dengan mudah diakses. Kalian bisa mencocokan nomor rangka dan juga nomor mesin mobil agar tidak salah membeli mobil bekas.

Nah itu dia tips memilih mobil bekas berkualitas yang wajib kalian ketahui. Semoga dengan cara ini kalian akan terbantu dan bisa memperoleh mobil bekas yang murah dan berkualitas!