Filter Dryer AC Di Mobil, Sepele Tapi Penting Loh!

Untuk menambah kenyamanan para penggunanya selama berkendara, berbagai produsen otomotif pun sudah menyematkan berbagai fitur yang ada di dalam mobil.

Salah satunya adalah air conditioner atau AC yang bisa membuat suhu yang ada di kabin jadi lebih sejuk. AC juga bisa mengatur temperatur, sirkulasi udara, sampai dengan kelembapan serta menyajikan udara yang bersih.

Namun, agar bisa menjalani fungsi ini, ada komponen yang cukup penting yaitu filter dryer AC mobil yang sering kali di lupakan oleh produsen.

“Komponen utama pada AC Mobil terdiri atas kompresor, kondensor, dryer filter, evaporator, serta expansi valve. Hal ini juga lah yang nantinya akan bisa membantu memastikan jika AC mobil bisa memberikan dari pengemudi sampai dengan penumpang kenyamanan dalam berkendara” ungkap Nur Imansyah Tara yang merupakan Aftersales Division Head Auto2000 di hari Senin 22 November 2021.

Tetapi, ada satu komponen yang sering kali dilupakan dan tak diperhatikan, komponen tersebut adalah filter dryer AC mobil.

Padahal, bagian satu ini juga sebetulnya punya fungsi yang penting loh. Fungsi utamanya adalah untuk filter dryer AC mobil dimana untuk menyaring semua kotoran beserta partikel – partikel halus yang bersirkulasi bersama dengan freon.

Bagian ini juga punya fungsi dalam menyaring sekaligus mengeringkan uap yang dihasilkan oleh sistem pendingin kabin kepada kendaraan. Komponen ini juga terdiri atas filter, desiccant, sight glassm sampai dengan fusible plug.

“Fungsi dari setiap komponen akan berbeda. Fiter mempunya fungsi untuk membersihkan kotoran yang terletak di dalam refrigerant. Lalu, nantinya desiccant pun akan mencegah terjadinya pembekuan kotoran yang ada di dalam lubang evaporator.” Ungkap Imansyah.

“Sight glass punya peran yang juga tak kalah penting yaitu untuk melihat jumlah refrigerant yang ada di dalam sistem AC. Lalu, terakhir ada fusible plug yang nantinya akan menjadi pengaman saat terjadi kerusakan, mencegah refrigerant agar tak keluar.”jelasnya menambahkan.

Jika komponen yang disebutkan tadi tak diperhatikan, maka nantinya akan ada berbagai macam partikel yang akan bisa masuk ke dalam sistem penyaringan dari AC mobil. Salah satu kemungkinan yang bisa terjadi adalah freon cair akan bisa mengalir ke area dryer filter terlalu banyak.

Supply yang terlalu banyak serta menjadi berlebihan ini nantinya akan bisa menyebabkan pembekuan di expansion valve.

“Angin yang keluar akan semacam kabut dan membuat para penumpang mobil jadi tak nyaman.” Ucapnya. Masalah penyumbatan ini juga nantinya bisa dialami kalau kotoran yang disaring terlalu banyak. Hal inilah yang akan membuat dan menjadi penyebab dari mobil yang tak akan terasa dingin kalau ac nya dinyalakan sekalipun.